RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP N 1 Semarang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII / I
Standar Kompetensi*
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan
dan olahraga, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1.Mempraktikan
teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu
serta nilai kerja sama, toleransi,
percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian*
Alokasi Waktu : 3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan mengumpan bola dengan kaki bagian
dalam dan luar dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan menahan bola dengan kaki bagian
dalam, luar dan telapak kaki dengan
benar dan disiplin
c.
Siswa dapat melakukan menggiring bola dengan kaki bagian
dalam dan luar dengan benar
d.
Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja
sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
B. Materi Pembelajaran
Permainan
Sepakbola
·
Mengumpan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan
luar
·
Menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan
dengan telapak kaki
·
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
-
Pertemuan 1 = penugasan
-
Pertemuan 2 = penugasan
-
Pertemuan 3 =
resiprokal/timbal-balik
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
- Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Teknik dasar (mengumpan dengan kaki
bagian dalam dan dalam serta menahan bola dengan telapak kaki) dengan rincian
kegiatan sebagai berikut :
F Melakukan teknik dasar mengumpan
dengan bola diam berhadapan dengan teman secara bertanggung jawab
F Melakukan teknik dasar mengumpan
dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F Melakukan teknik dasar mengumpan
dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak
maju dan mundur
F Melakukan teknik dasar mengumpan
secara langsung
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model
tugas/penugasan
a.
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
b.
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
c.
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
d.
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
e.
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
f.
bagi siswa yang telah berhasil
mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi
kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F
Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan
menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian dalam
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
- Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Teknik dasar (menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar
serta menahan bola dengan telapak kaki ) dengan rincian kegiatan sebagai
berikut :
F Melakukan teknik dasar mengumpan
dengan bola diam berhadapan dengan teman
F Melakukan teknik dasar mengumpan
dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F Melakukan teknik
dasar passing dada, pantul, dari atas kepala secara berpasangan dan kelompok
F Melakukan teknik dasar
menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan jarak jauh berpasangan atau
kelompok
F Melakukan teknik dasar
menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan dengan menahan menggunakan
telapak kaki bagi teman yang di depannya
(berpasangan atau kelompok)
F Melakukan teknik dasar
menggiring arah lurus dilanujutkan dengan zig-zag
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model tugas/penugasan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
bagi
siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat,
maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan
yang dimodifikasi.
F
Bermain
sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta
menahan bola dengan telapak kaki
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40
menit)
1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.Kegiatan
Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Teknik dasar (mengumpan bola dengan kaki
bagian dalam dan luar serta menahan bola
dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
§ Melakukan teknik dasar mengumpan bola
dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam,
luar dan telapak kaki berpasangan di tempat
§ Melakukan teknik dasar mengumpan bola
dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam,
luar dan telapak kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan dan belakang
§ Melakukan teknik dasar mengumpan bola
dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam,
luar dan telapak kaki berkelompok bergerak pada garis lurus
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model
resiprokal/timbal-balik
guru mengatur
siswa agar berpasang-pasangan
guru membagikan
bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap
pasangan
siswa mempelajari
tugas gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi
tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa
melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil
menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan
bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian
dalam, luar dan telapak kaki
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku
teks
-
Buku
referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII,
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Mengumpan, menggiring dan
manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan
telapak kaki
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
serta menahan dengan telapak kaki
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan
keberanian
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan teknik dasar
mengumpan bola menggunakan kaki bagian
dalam !
·
Apa yang membedakan antara menggiring dan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam !
·
Lakukan bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi !
|
1. Teknik
penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik
dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta
menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 50
Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan
sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek
( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah
skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK
KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek
Yang Dinilai
|
Kualitas
Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan
Teknik DasarMengumpan, Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam dan
Luar Serta Menahan Bola Dengan Kaki Bagian Dalam, Luar dan Telapak Kaki
1. Bentuk
gerakan kaki saat menendang bola diayun ke depan arah bola
2. Bentuk
gerakan kaki saat menggiring bola mendorong bola ke depan arah bola
3. Posisi
badan yang benar saat akan melakukan teknik dasar mengumpan dan menggiring
dibawa ke depan
4. Bentuk
arah bola hasil mengumpan dengan kaki bagian dalam datar di atas
tanah/lapangan
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√
)
|
1. Bekerja sama dengan teman satu tim
|
|
2. Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak
ragu-ragu)
|
|
3. Mentaati peraturan
|
|
4. Menghormati wasit(sportif)
|
|
5. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
Pertanyaan
yang diajukan
|
Kualitas
Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana
posisi pergelangan kaki saat menendang dengan kaki bagian dalam dan luar ?
2.
Bagaimana posisi telapak kaki saat menahan bola menggunakan telapak
kaki ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL: 8
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Semarang
Drs.Nusantara,M.M
NIP. 19601010 198803 1 027
|
|
Semarang, Juli
2011
Guru Mapel PJOK.
Sonny Dwi Prastyanto,S.Pd
NIP.19590928 198302 1 004
|
||
unyu unyu
BalasHapus