Tipe/jenis evaluasi
1.Evaluasi Sumatif dan Formatif
Evaluasi sumatif dilaksanakan pada saat sela-sela program
yang sedang berlangsung dengan tujuan untuk menyempurnakan program.Contoh : tes
mingguan dan bulanan
Evaluasi Formatif dilaksanakan pada akhir program.Contoh :
Buku rapor
2.Evaluasi Hasil dan proses
Evaluasi Hasil bila yang diutamakan mengenai gambaran
pencapaian tujuan,sedangkan evaluasi proses bila yang diutamakan pada prosesnya
3.Evaluasi Acuan Norma dan Acuan Patokan
Evaluasi Acuan Norma bila yang digunakan sebagai kriteria
penilaian adalah norma kelompok.Evaluasi ini memberikan peluang kepada siswa
untuk meraih sukses,namun sebaliknya dapat menimbulkan dampak negatif karena
siswa dipersaingkan satu sama lain dalam kelompoknya.
Evaluasi acuan patokan menggunakan patokan formal sebagai
ukuranya.Evaluasi ini unggul dalam hal pemaparan penguasaan tuntas
sedangkan kelemahanya yakni pada patokan
yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan.
4.Evaluasi Kuantitatif-kompetitif dan Deskriptif-kuantitatif
Istilah kuantitatif-kompetitif diangkat dari praktik yang
memanfaatkan skor kuantitatif sebagai alat untuk membandingkan status seorang
siswa dengan siswa lainya
Istilah Evaluasi deskriptif-kuantitaif menitikberatkan pada pengumpulan
data dan pelaporan hasilnya dalam bentuk pemaparan keadaaan perilaku dan pemaparan itu melukiskan profil sisaw
secara perorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar